Langsung ke konten utama

Empat Hal Penting Kala Genting : Usaha Masa Corona



Diawalinya, : Saya awali dengan kata - kata yang selalu mengingatkan : (Orang optimis, mengatakan sulit tapi bisa. Orang pesimis mengatakan bisa tapi sulit, ini selalu ditanamkan oleh bapak DR. Drs. H. Marhaen Djumadi, SE, SH, MBA, MM. Dan juga kata - kata yang terngiang adalah (SAAT GARING TETAP GARANG oleh Bapak Ir. H. Winoto Soekarno, MM)

        Webinar KEWIRAUSAHAAN Selasa, 16 Juni 2020 TEPAT PUKUL 12.30 wib dimulai oleh Bapak Mudayat Haqi selaku pemateri, dosen STIAMAK Barunawati YBBS dan host Lovy Morsetya Haqi, pengelola LovCrepes HAQI. Lanjutnya, "Sebagai Parameter ada empat hal penting kala genting masa corona terkait dengan penggelindingan usaha diantaranya :

A. MANDIRILAH : JIWA KEWIRAUSAHAAN 
            Apapun kondisinya kita harus berdiri tegak. Roda kehidupan terus melaju. Oleh karena itu, pilihannya adalah melangkah. Selamat datang peradaban baru, selamat tinggal mimpi semu. Selamat data era milenial, selamat tinggal kolonial. Esensi jiwa kewirausahaan yang harus terpatri adalah melakukan "MIK" (Mandiri-Inovatif-Kreatif). Berprofesi apa saja harus memiliki sikap kemandirian dengan prinsip yang kuat / " kekeh ". Inovasi selalu dibutuhkan karena kondisi pasti berubah. Yang tidak berubah ya perubahan itu sendiri. Kreativitas merupakan keharusan karena apapun keadaanya tetap berkreasi agar mampu menivestasikan visi yang akan dicapai ( selamat / bahagia dunia akhirat ). Masa covid tetap survive, inovatif, kreatif, tagas bapak penulis buku kewirausahaan, mudayathaqi.blogspot.com. 

B. KEPEMIMPINAN 
            Pemimpin (leader) ibarat lokomotif yang membawa gerbong - gerbongnya. Oleh karena itu, seorang leader berperan menjadi " Father " / orang tua, "Teacher", dan "Manager." ya mengayomi, mendidik, dan mengatur/mengelola. 
            Peran pemimpin usaha masa corona adalah jadi teladan (uswah), satukan visi, memberi solusi, dan menggerakkan gerbongnya. 

C PEMASARAN 
            Masing - masing individu ibarat wadah usaha. Apapun profesinya. Maka, pemasaran merupakan jiwa usaha yang berfungsi mengedukasi dan menyosialiasikan segala manfaat produk (barang/jasa) kepada masyarakat (customer). Hal tersebut agar terjadi interaksi positif dan sinergi dalam bermanfaatan (berukhuwah/tablig). Tentu saat ini memanfaatkan IT sebagai peranan pemasaran (Understanding Critical Role of Marketing), kata Bapak alumnus UNESA ini. 

D. PENGEMBANGAN USAHA 
              Banyak alternatif dalam "grand strategies." Namun strategi pengembangan usaha intinya ada tiga opsi. Pertama, jika pasar masih sangat potensial bisa dilakukan investasi pengembangan usaha tersebut. Kedua, jika pasar berkondisi cukup potensial maka terus dilakukan optimalisasi pasar atau usaha tersebut. Ketiga, jika kondisi pasar sudah sangat kecil tidak potensial, tentu dilakukan rasionalisasi, misalnya usaha yang lain lebih prospek yang intinya berorientasi pasar (laying the groundwork through market oriented strategic planning), pungkas bapak 4 anak ini. Hal yang bisa dipertegas bahwa kompetensi manajemen yang harus dimiliki setidaknya kompetensi "CEL" : Communication, Entrepreneurship, Leadership. Sambungnya lagi, "Sebentar saya benar - benar terinspirasi dalam keadaan seperti sekarang ini bahkan saat membaca, hati terhanyut suasana, "baper" juga untuk belajar dari KEGIGIHANNYA ketika baca buku yang ditulis Ustadz Suhadi Fadjaray, seorang motivator parenting Indonesia, penulis buku Ada Cinta di Dada Ayah. Apalagi masa corona ini dibutuhkan kegigihan," pungkasnya ketua/rektor STIAMAK YBBS (2003 - 2005) ini. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penulisan Proposal Karya Tulis Ilmiah #BINDONESIA pt.13

Sebagaimana  penulisan  karya ilmiah  pada umumnya, dalam penulisan karya ilmiah hukum terdapat etika yang memuat berbagai norma pembatas yang harus diperhatikan serta dipegang teguh oleh mahasiswa ketika menulis karya ilmiah. Norma ini berkaitan dengan pengutipan, perujukan, perijinan terhadap bahan yang dipergunakan, dan penyebutan sumber data atau informan. Penulisan  karya ilmiah  hukum harus dilakukan secara jujur dengan menyebutkan sumber rujukan atau hasil pikiran orang lain yang dikutip dan dimasukkan dalam  bagian karya ilmiahnya . Dalam menggunakan bahan dari suatu sumber, misalnya tabel, model dan skema, penulis harus menyebutkan sumbernya dengan menjelaskan apakah bahan tersebut diambil secara utuh, diambil sebagian, dimodifikasi, atau dikembangkan. Pengutipan bahan atau hasil pikiran orang lain yang tidak disertai dengan menyebut sumbernya yang diakui sebagai hasil pikirannya sendiri dapat dinyatakan sebagai perbuatan plagiat Oleh karena itu, k...

Penulisan Surat #BINDONESIA pt.14

A. Pengertian Surat Surat adalah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak (orang, instansi, atau organisasi). Dengan surat seseorang bisa menyampaikan informasi kepada pihak lain. Informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintah, permintaan, atau laporan. B. Fungsi Surat Dalam beberapa hal, kebutuhan manusia seringkali berhubungan dengan sesama pihak lain dilakukan melalui sarana secara tertulis. Fungsi surat: 1. Surat sebagai alat komunikasi Surat dijadikan sebagai alat penyampai informasi dari penulisnya kepada pembaca/penerimanya. 2. Surat sebagai wakil penulis Dalam hal ini penulis tidak perlu langsung bertatap muka dengan orang yang dituju untuk menyampaikan informasi melainkan diwakili oleh surat. 3. Surat sebagai alat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Berkomunikasi dengan surat berarti tidak bertatap muka, jadi berkomunikasi dengan surat dapat dilakukan dari jarak jauh. 4. Surat sebagai Otak Tata Usaha Pen...

Strategi Penetapan Harga Bisnis Internasional

  1.      STRATEGI MENETAPKAN HARGA GLOBAL Strategi menetapkan harga yang efektif untuk pasar internasional adalah strategi yang dipengaruhi oleh persaingan dan biaya dalam mengambil keputusan menyangkut harga. Harga kompetitif hanya dapat ditentukan dengan meninjau tingkat harga produk pesaing dan produk pengganti di pasar sasaran. Seperti yang akan kita diskusikan kali ini. Salah satu cara terbaik untuk memperoleh informasi ini adalah mengunjungi pasar itu sendiri. Setelah tingkat harga ini ditetapkan harga dasar dapat ditentukan. Empat langkah yang menentukan harga dasar adalah : menetapkan elastisitas harga dari permintaan. Permintaan yang tidak fleksibel memungkinkan harga yang lebih tinggi. buat perkiraan biaya tetap dan biaya variabel dari proses manufaktur dengasn volume penjualan yang diproyeksikan. Biaya adaptasi produk harus diperhtiungkan. tetapkan semua biaya yang berhubungan dengan program pemasaran. pilih harga yang memberikan marjin kontribusi pa...