Langsung ke konten utama

Pemasaran Global #PEMASARAN pt.12

Pemasaran global merupakan pemasaran secara teratur di seluruh dunia. Peluang pasar selalu terbuka untuk semua pelaku bisnis, termasuk pasar ekspor. Yang penting adalah berkreasi dan ingin berinovasi dalam mengembangkan pasar. Pengusaha yang kuat tentu saja tidak mudah tenggelam oleh perubahan dalam tantangan bisnis meskipun tantangan yang datang semakin berat.

Bagi pebisnis sejati, kesulitan sebenarnya adalah cambuk yang membangkitkan antusiasme untuk menyelesaikannya sehingga bisnis dapat tumbuh dan berkembang. Karakter seperti itu juga nampaknya melekat dalam serangkaian manajer perusahaan di Indonesia yang juga bisa dilihat dari kinerja perusahaan yang dikelola yang hasilnya memang super.

Manfaat Pasar Global

Ada 2 manfaat yaitu:

  1. Mengambil manfaat dari peluang untuk pertumbuhan dan ekspansi, dan
  2. Untuk bertahan hidup.
  • Orientasi Manajemen
  1. Etnosentris
  2. Polisentris
  3. Regiosentris
  4. Geosentris

Hal yang mendorong dan menghambat Pemasaran Global

Pemasaran global saat ini dibentuk oleh pengaruh dinamis dari beberapa kekuatan yang mendorong dan menghambat.

  • Hal yang mendorong meliputi : – kebutuhan dan keinginan pasar – teknologi – peningkatan transportasi – kualitas biaya – perdamaian global – pertumbuhan ekonomi dunia – mengenali peluang untuk mengembangkan daya tuas secara global.
  • Hal-hal yang menghambat : – perbedaan pasar – kecurangan manajemen – budaya organisasi – kontrol nasional.

Konsep Pemasaran Global

  • Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan

Kebutuhan, Keinginan dan Permintaan Ada perbedaan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan manusia adalah keadaan di mana manusia merasa mereka tidak memiliki kepuasan dasar. Kebutuhan tidak diciptakan oleh masyarakat atau pemasar, tetapi telah diukir dan diukir dalam kondisi manusia. Keinginan adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Keinginan manusia dibentuk oleh kekuatan dan institusi sosial. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan sesuatu yang didukung oleh kemampuan dan kemauan untuk membelinya. Keinginan menjadi permintaan jika didukung oleh daya beli. Perbedaan ini dapat menjelaskan bahwa pemasar tidak menciptakan kebutuhan; Kebutuhan yang ada Pemasar memengaruhi keinginan dan permintaan dengan membuat produk yang sesuai, menarik, terjangkau, dan mudah diperoleh oleh pelanggan yang dituju.

  • Produk

Produk Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan pelanggan. Pentingnya produk fisik tidak terletak pada kehalusannya tetapi pada layanan yang dapat diberikannya. Karena itu, dalam membuat suatu produk harus memperhatikan produk dan layanan fisik yang diberikan oleh produk tersebut.

  • Nilai, Biaya, dan Kepuasan

Nilai, Biaya dan Nilai Kepuasan adalah perkiraan pelanggan tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhan mereka. Setiap produk memiliki kemampuan berbeda untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tetapi pelanggan akan memilih produk mana yang akan memberikan kepuasan total tertinggi. Nilai dari setiap produk sebenarnya tergantung pada seberapa jauh produk tersebut dapat mendekati produk yang ideal, ini termasuk harga.

  • Pertukaran, Transaksi dan Hubungan

Pertukaran, Transaksi dan Hubungan Kebutuhan dan keinginan manusia dan nilai suatu produk untuk manusia tidak cukup untuk menjelaskan pemasaran. Pemasaran muncul ketika orang memutuskan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka dengan pertukaran. Pertukaran adalah salah satu cara untuk mendapatkan produk yang Anda inginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai gantinya. Pertukaran adalah proses dan bukan peristiwa sesaat. Setiap pihak dikatakan sebagai pertukaran jika mereka bernegosiasi dan mengarah pada kesepakatan. Jika kesepakatan tercapai, itu disebut transaksi. Transaksi adalah pertukaran nilai antara dua pihak. Untuk transaksi yang lancar, hubungan dan kepercayaan yang baik antara pelanggan, distributor, distributor, dan pemasok akan membangun kelompok ekonomi, teknis, dan sosial ikan yang kuat bersama mitra mereka. Jadi transaksi tidak perlu dinegosiasikan kapan saja, tetapi sudah menjadi rutin. Ini dapat dicapai dengan menjanjikan dan memberikan kualitas produk yang berkelanjutan, layanan dan harga yang wajar.

  • Pasar

Pasar Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu dan bersedia serta mampu berpartisipasi dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan tersebut. Istilah pasar untuk menunjukkan sejumlah pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi pada suatu produk.

  • Pemasaran dan Pemasar

Pemasaran dan Pemasar Pemasaran adalah keinginan manusia dalam kaitannya dengan pasar, pemasaran berarti bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah seseorang yang mencari sumber daya dari orang lain dan ingin menawarkan sesuatu yang bernilai kepadanya. Jika satu pihak lebih aktif dalam mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.


Contoh Perusahaan Indonesia Yang Berhasil Pada Pasar Global

  • Bio Farma

Perusahaan yang berbasis di sektor farmasi dan pencegahan penyakit ini harus menjadi kebanggaan Indonesia. Bagaimana tidak, BUMN ini termasuk dalam 30 perusahaan farmasi di dunia yang dapat mengekspor vaksin ke 131 negara. Bio Farma memang tergantung pada pasar global dalam proses produksinya, dengan 65% produknya diekspor ke berbagai negara.

Sudah aktif selama 124 tahun, perusahaan global ini terus berinovasi di bidang vaksin. Pada 2015, Bio Farma diberi izin oleh WHO (World Health Organization) untuk mengekspor vaksin Pentavalent di seluruh dunia. Vaksin ini agak inovatif, karena merupakan kombinasi dari enam vaksin dasar seperti difteri, polio, pertusis, tetanus, hepatitis B, dan juga Haemophylus influenza B. Dengan temuan ini, imunisasi yang dilakukan pada bayi tidak perlu sebanyak 9 kali seperti biasa, tetapi hanya perlu 3 kali.

  • Sido Muncul

Perusahaan yang berawal dari industri jamu rumahan di Semarang pada tahun 1951 telah menyentuh pasar ASEAN, Hong Kong, Timur Tengah, Australia, Eropa dan bahkan Afrika. Sido Muncul membawa 250 produk unggulan ke pasar global, dan telah berhasil menjadi merek terkenal oleh komunitas global. Perusahaan ini memiliki proses panjang dalam memperluas pasar, di mana negara-negara lain masih memandang sebelah mata di hadapan obat-obatan herbal. Tetapi tantangan ini dapat dikelola dengan membangun pabrik dengan standar internasional untuk suplemen makanan dan Sido Muncul melalui kategori ini.


Faktor-Faktor Pendorong Pemasaran Global

Pemasaran secara global sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat, maka dari itu hal ini harus tetap ada dan dikembangkan. Jika tidak dikembangkan maka yang menjadi ancaman nantinya adalah perekonomian masyarakat. Berikut merupakan beberapa faktor yang dapat mendorong pemasaran secara global

1. Perbaikan Komunikasi Dan Transportasi

Dengan adanya perbaikan pada bidang komunikasi dan transportasi maka akan lebih mudah dalam urusan pengiriman produk antar negara. Selain itu perbaikan pada bidang transportasi juga dapat memudahkan masyarakat untuk berpergian antar negara.

2. Kualitas

Perlu diketahui bahwa kualitas merupakan salah satu bentuk persaingan yang sangat ketat. Hal tersebut memaksa para pengusaha untuk selalu meningkatkan kualitas agar tidak tenggelam dalam dunia bisnis. Para pengusaha harus cepat-cepat memperbaiki produknya supaya tidak tersaingi oleh pengusaha lain.

3. Teknologi

Dalam pemasaran secara global, teknologi digunakan sebagai sarana untuk menyediakan peralatan atau barang yang dibutuhkan. hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi kelangsungan hidup umat manusia. Penggunaan teknologi diawali dengan sumber daya alam yang diubah menjadi alat-alat sederhana yang dapat membantu kegiatan manusia. 

Teknologi merupakan faktor pendorong pemasaran global yang bersifat universal dan tidak ada batasan negara ataupun budaya. Saat teknologi sudah dikembangkan dan dapat menghasilkan sebuah produk, maka produk tersebut akan tersedia di seluruh penjuru dunia. Contoh dari teknologi yang dapat meningkatkan pemasaran secara global adalah internet, satelit dan jaringan.

4. Biaya Pengembangan Produk

Perlu diketahui bahwa biaya pengembangan produk adalah sebuah dorongan untuk memasuki pasar global yang nantinya membutuhkan suntikan dana atau investasi. Suntikan dana yang dibutuhkan nantinya sangatlah besar dengan jangka waktu pengembangan yang cukup lama.

5. Perjanjian Ekonomi Regional

Dengan adanya perjanjian-perjanjian multirateral maka akan dapat mempercepat langkah-langkah dalam mengembangkan dan memajukan pemasaran secara global. Perjanjian multirateral adalah perjanjian perdagangan yang dilakukan oleh negara-negara besar. Contoh perjanjian ekonomi regional saat ini adalah MEA, NAFTA dan GAT.

6. Pertumbuhan Ekonomi Dunia

Faktor pendorong pemasaran secara global yang sangat berpengaruh adalah pertumbuhan ekonomi dunia. Alasan yang membuat pertumbuhan ekonomi dunia dapat mendorong kemajuan pemasaran secara global yaitu dapat menciptakan peluang usaha atau bisnis yang dapat mendukung suatu perusahaan dapat berkembang secara global, dapat mengurangi perusahaan asing yang masuk ke perekonomian lokal.

Komentar

  1. StefanyRetnoAsri/ 18110152/ 4E

    BalasHapus
  2. oxzy bunga mutiara / 1811046 / 4E

    BalasHapus
  3. Desyani Nadiya / 18110128 / 4E

    BalasHapus
  4. Pertemuan 12
    Mohammad Faizal Pakaya
    18110143
    4E

    BalasHapus
  5. Vera Ferianda Zulfa / 18110156 / 4E

    BalasHapus
  6. Mihamad Fatchur Hidayat / 18110141 /4E

    BalasHapus
  7. Siska Dina Pratiwi / 4E / 18110151

    BalasHapus
  8. Muhammad Husnut Taufiq / 4E/ 18110144

    BalasHapus
  9. Vince Evita D.A.P.C/18110157/4E

    BalasHapus
  10. Afifahtu Diniyah /18110123 /4E

    BalasHapus
  11. Renna Salsabilla Dwiyanti / 4E / 18110149

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penulisan Proposal Karya Tulis Ilmiah #BINDONESIA pt.13

Sebagaimana  penulisan  karya ilmiah  pada umumnya, dalam penulisan karya ilmiah hukum terdapat etika yang memuat berbagai norma pembatas yang harus diperhatikan serta dipegang teguh oleh mahasiswa ketika menulis karya ilmiah. Norma ini berkaitan dengan pengutipan, perujukan, perijinan terhadap bahan yang dipergunakan, dan penyebutan sumber data atau informan. Penulisan  karya ilmiah  hukum harus dilakukan secara jujur dengan menyebutkan sumber rujukan atau hasil pikiran orang lain yang dikutip dan dimasukkan dalam  bagian karya ilmiahnya . Dalam menggunakan bahan dari suatu sumber, misalnya tabel, model dan skema, penulis harus menyebutkan sumbernya dengan menjelaskan apakah bahan tersebut diambil secara utuh, diambil sebagian, dimodifikasi, atau dikembangkan. Pengutipan bahan atau hasil pikiran orang lain yang tidak disertai dengan menyebut sumbernya yang diakui sebagai hasil pikirannya sendiri dapat dinyatakan sebagai perbuatan plagiat Oleh karena itu, k...

Penulisan Surat #BINDONESIA pt.14

A. Pengertian Surat Surat adalah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak (orang, instansi, atau organisasi). Dengan surat seseorang bisa menyampaikan informasi kepada pihak lain. Informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintah, permintaan, atau laporan. B. Fungsi Surat Dalam beberapa hal, kebutuhan manusia seringkali berhubungan dengan sesama pihak lain dilakukan melalui sarana secara tertulis. Fungsi surat: 1. Surat sebagai alat komunikasi Surat dijadikan sebagai alat penyampai informasi dari penulisnya kepada pembaca/penerimanya. 2. Surat sebagai wakil penulis Dalam hal ini penulis tidak perlu langsung bertatap muka dengan orang yang dituju untuk menyampaikan informasi melainkan diwakili oleh surat. 3. Surat sebagai alat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Berkomunikasi dengan surat berarti tidak bertatap muka, jadi berkomunikasi dengan surat dapat dilakukan dari jarak jauh. 4. Surat sebagai Otak Tata Usaha Pen...

Strategi Penetapan Harga Bisnis Internasional

  1.      STRATEGI MENETAPKAN HARGA GLOBAL Strategi menetapkan harga yang efektif untuk pasar internasional adalah strategi yang dipengaruhi oleh persaingan dan biaya dalam mengambil keputusan menyangkut harga. Harga kompetitif hanya dapat ditentukan dengan meninjau tingkat harga produk pesaing dan produk pengganti di pasar sasaran. Seperti yang akan kita diskusikan kali ini. Salah satu cara terbaik untuk memperoleh informasi ini adalah mengunjungi pasar itu sendiri. Setelah tingkat harga ini ditetapkan harga dasar dapat ditentukan. Empat langkah yang menentukan harga dasar adalah : menetapkan elastisitas harga dari permintaan. Permintaan yang tidak fleksibel memungkinkan harga yang lebih tinggi. buat perkiraan biaya tetap dan biaya variabel dari proses manufaktur dengasn volume penjualan yang diproyeksikan. Biaya adaptasi produk harus diperhtiungkan. tetapkan semua biaya yang berhubungan dengan program pemasaran. pilih harga yang memberikan marjin kontribusi pa...