Langsung ke konten utama

UMKM (Usaha Mantap Kuat Milyaran) Bermatamorfosis


Jejaring masjid Istiqomah dan Al Islamiyah 17 Juli 2020 webinar "Masa Corona, Islam Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan." Dibuka oleh host Lovy Morsetya Haqi Masiswi semester 7 prodi Ilmu Adm. Bisnis juga pelaku UMKM : LOVOALS.id/shopee.co.id UMKM dalam menghadapi covid harus bangkit. Narasumber : Mudayat Haqi, Rektor STIAMAK BARUNAWATI dp3 PELINDO (2003 - 2005) menyampaikan, " secara yuridis UMKM di Indonesia sangat kuat termaktub pada pasal 1 UU UMKM nomro 20 tahun 2008 sebagai Payung Hukum. Secara defakto kontribusi UMKM juga sangat besar sebagai penyelamat perekonomian terjadinya krismon. UMKM menjadi penopang perekonomian Indonesia secara makro. Oleh karena itu, soko guru perekonomian bangsa. Mengapa saat krisis UMKM menghasilkan produk - produk konsumsi kebutuhan pokok. Maka, saya istilahkan bahwa UMKM adalah Usaha Mantap Kuat Milyaran. Amiin. Walupun kepanjangannya adalah Usaha Mikro Kecil Menengah," tandas Bapak 4 anak ini dengan penuh antusias.

Lanjutnya beberapa waktu lalu, dikatakan Bapak Teten Masduk menteri koperasi dan UKM bahwa UMKM harus memasuki Market Place Online. Maka, sekarang UMKM harus bermetamorfosis / berubah strategi secara adaptif. UMKM harus terus melakukan penataan baik internal dan eksternal. Internal mengatur cash flow / neraca secara mandiri dan efisien dan secara eksternal terus melakukan kolaborasi jejaring pemasaran terhadap konsumen. Dengan kata lain, harus masuk pada ranah ekonomi digital berbasis teknologi dengan revolusi industri 4.0 ekonomi global," tambah Mudayat Senior Lecturer Penulis buku Kewirausahaan UMKM Tokopedia, Perilaku Organisasi Perusahaan, Manajemen Pemasaran, B.Indonesia di Perguruan Tinggi ini. 

Tegas Mudayat selaku pembina UMKM, " sekali lagi bisa ditetapkan strategi MIK (Mandiri Inovatif Kreatif) baik pada Lini Internal termasuk kemasan produk (packaging) aman virus dan eksternal termasuk strategi promosi. Sederhana saja dengan memperhatikan 4P (product/produk, price/harga, promotion/promosi, place/saluran distribusi). Kita berbenah, semangat maju bersama. Maka, kita beli di tetangga yang jualan, ke ekosistem ekonomi kerakyatan bersama, secara simbiosis mutualis (saling menguntungkan). Semoga juga pemangku kebijakan terus melakukan kemudahan regulasi suport finansial dan perlindungan bagi pelaku UMKM, pungkas Bapak Pengasuh DARULHAQI ini. 

Yang terakhir, kita saling mengimbau agar ekonomi masyarakat tetap terus jalan dan protokoler kesehatan maskin baik. Karena, keselamatanmu adalah keselamatanku, keselamatanku adalah keselamatanmu, " pesan Mudayat Haqi relawan, chairman of GIPRo (Gerakan Indonesia Protokoler). newarta.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penulisan Surat #BINDONESIA pt.14

A. Pengertian Surat Surat adalah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak (orang, instansi, atau organisasi). Dengan surat seseorang bisa menyampaikan informasi kepada pihak lain. Informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintah, permintaan, atau laporan. B. Fungsi Surat Dalam beberapa hal, kebutuhan manusia seringkali berhubungan dengan sesama pihak lain dilakukan melalui sarana secara tertulis. Fungsi surat: 1. Surat sebagai alat komunikasi Surat dijadikan sebagai alat penyampai informasi dari penulisnya kepada pembaca/penerimanya. 2. Surat sebagai wakil penulis Dalam hal ini penulis tidak perlu langsung bertatap muka dengan orang yang dituju untuk menyampaikan informasi melainkan diwakili oleh surat. 3. Surat sebagai alat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Berkomunikasi dengan surat berarti tidak bertatap muka, jadi berkomunikasi dengan surat dapat dilakukan dari jarak jauh. 4. Surat sebagai Otak Tata Usaha Pen

Fundamental Sistem Informasi Bisnis

  Sistem informasi sudah fitrahnya menjadi pendukung dalam organisasi. Sistem informasi sudah ada lebih dulu daripada teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri adalah istilah modern yang menunjuk kepada komputer dengan kemampuan jaringan. Sistem informasi memiliki peran dalam bisnis organisasi. Sebenarnya cukup banyak peran sistem informasi dalam bisnis, mulai dari penyedia informasi sampai ke penjaminan prosedur dan kebijakan. Namun, peran fundamental sistem informasi dalam bisnis dapat dilihat dalam bagan segitiga berikut ini. Kalau organisasi kita bagi secara melintang menjadi 3 bagian, yaitu level operasi, level manajemen, dan level eksekutif (termasuk pemilik), maka peran fundamental sistem informasi adalah: Sebagai pendukung dalam level operasi Sistem informasi membantu dalam mendokumentasikan berbagai aktivitas dan operasi yang berlangsung dalam organisasi. Menyediakan data dan informasi agar suatu operasi berjalan. Untuk membantu pembuatan keputusan dalam level manajemen

Kepemimpinan #KEWIRAUSAHAAN pt.14

Pengertian Kepemimpinan Adalah Kepemimpinan adalah suatu kemampuan atau kekuatan pada diri seseorang guna mempengaruhi orang lain dalam pekerjaan, bertujuan untuk mencapai target (goal) organisasi yang sudah ditentukan. Sementara pengertian pemimpin ialah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (kepala) dalam sistem di sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam bermacam-macam aspek, pengertian kepemimpinan dalam organisasi  menjadi hal yang krusial. 2 orang konsultan pengembangan diri Bernama Jack Zenger serta Joseph Folkman membuat hasil sebuah penelitian yang mereka hubungkan dengan skill yang wajib ada dalam diri seorang pemimpin. Skill tersebut akan membuat para leader sukses terhadap segala bidang organisasi. Kepemimpinan dalam hal tersebut dapat bermacam-macam. Biasanya kita cenderung menginginkan seorang leader yang karismatik. Tujuan Kepemimpinan 1. Sarana untuk Mencapai Tujuan Kepemimpinan ialah sarana penting guna mencapai tujuan. Dengan melihat apakah tujuan tergapai a