Pengertian dan Ruang Lingkup Perencanaan dan Pengembangan Bisnis #PERENCAANAANDANPENGEMBANGANBISNIS pt.1
PENGERTIAN PERENCANAAN BISNIS
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Perencanaan bisnis merupakan pedoman untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan, karena di dalam perencanaan bisnis ini dapat diketahui posisi perusahaan saat ini, arah dan tujuan perusahaan, dan cara mencapai sasaran yang ingin dicapai.
Agar perusahaan berjalan pada jalan yang benar maka seorang wirausaha harus menyususn Business Plan. Business Plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang saran. Pengertian lain dari business plan adalah sebuah selling document yang mengungkapkan daya tarik dan harapan sebuah bisnis kepada penyandang dana potensial.
Menurut Bygrave, 1994 : 441 (dalam Buchari Alma, 2006 : 198) mendefinisikan Business Plan sebagai dokumen yang disediakan oleh enterpreuner yang memuat rincian tentang masa lalu, keadaan sekarang dan kecenderungan masa depan dari sebuah perusahaan. Isinya mencakup analisis tentang manajerial, keadaan fisik bangunan, karyawan, produk, sumber permodalan, informasi tentang jalannya perusahaan selama ini dan posisi pasar dari perusahaan. Business Plan juga berisi tentang rincian profit, neraca pembayaran, proyeksi aliran kas untuk dua tahun yang akan datang. Selain itu juga memuat pandangan dan ide dari untuk dua tahun yang akan datang, pandangan dan ide dari anggota tim manajemen serta menyangkut strategi dan tujuan perusahaan yang hendak dicapai.
Jadi business plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang menggambarkan semua unsurunsur yang relevan baik internal maupun eksternal mengenai perusahaan untuk memualai suatu usaha. Isi dari business plan sering merupakan perencanaan terpadu yang menyangkut pemasaran, permodalan, manufacturing dan sumber daya manusia.
Di dalam perencanaan bisnis perlu dilakukan analisis kelayakan Usaha, hal ini dikarenakan aspek utama dalam melakukan usaha pertama kali faktor kelayakan perlu diperhatikan dan merupakan hal yang cukup penting. Perencanaan usaha diperlukan dalam kegiatan bisnis yang akan dilakukan maupun yang sedang berjalan agar tetap berada dijalur yang benar sesuai dengan yang direncanakan. Perencanaan usaha merupakan alat yang sangat penting bagi pengusaha maupun pengambil keputusan kebijakan perusahaan. Perencanaan usaha juga dapat dipakai sebagai alat untuk mencari dana dari pihak ketiga. Ada lingkup yang perlu dijelaskan, untuk menuju perencanaan usaha yang optimal.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata “bisnis” sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya “bisnis pertelevisian.” Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Meskipun demikian, definisi “bisnis” yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.
Pengertian Pengembangan Usaha
Pengembangan usaha adalah setiap usaha memperbaiki pelaksanaan pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang, dengan memberikan informasi mempengaruhi sikap-sikap atau menambah kecakapan (Hafsah, 2004)Pengembangan suatu usaha adalah tanggung jawab dari setiap pengusaha atau wirausaha yang membutuhkan pandangan kedepan, motivasi dan kreativitas. Pada umumnya pemilik usaha dalam mengembangkan usahanya harus mampu melihat suatu peluang dimana orang lain tidak mampu melihatnya, menangkap peluang dan memulai usaha (bisnis), dan menjalankan bisnis dengan berhasil.
Usaha adalah suatu kegiatan yang didalamnya mencakup kegiatan produksi, dan distribusi dengan menggunakan tenaga, pikiran dan badan untuk mencapai suatu tujuan. Pengembangan usaha adalah suatu cara atau proses memperbaiki pekerjaan yang sekarang maupun yang akan datang dengan meningkatkan perluasan usaha serta kualitas dan kuantitas produksi dari pada kegiatan ekonomi dengan menggerakkan pikiran, tenaga dan badan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Jenis-jenis Pengembangan Usaha
Menurut Subagyo (2008), secara umum pengembangan usaha dibagi menjadi dua jenis, yaitu:- Pengembangan vertikal. Pengembangan vertikal adalah perluasan usaha dengan cara membangun inti bisnis baru yang masih memiliki hubungan langsung dengan bisnis utamanya.
- Pengembangan horizontal. Pengembangan horizontal adalah pembangunan usaha baru yang bertujuan memperkuat bisnis utama untuk mendapatkan keunggulan komparatif, yang secara line produk tidak memiliki hubungan dengan core bisnisnya.
- Perluasan ke hulu atau ke hilir. Arah pengembangan usaha disesuaikan dengan posisi usaha anda saat ini, jika usaha tersebut berada di hilir, maka pengembangannya kearah hulu. Kelebihan: pengembangan pada posisi ini lebih muda, karena telah mengetahui pasar, sumber material, dan teknologi. Kekurangan: jika terjadi permintaan produk pada bisnis ini melemah, maka tingkat penjualan akan menurun.
- Diversifikasi usaha. Diversifikasi usaha adalah mengembangkan usaha ke berbagai jenis usaha. Kelebihan: jika salah satu jenis usaha mengalami penurunan permintaan pasar (rugi), maka usaha yang lain masih dapat menutupi kerugiannya. Kekurangan: pengembangan cara ini cukup sulit dilakukan karena harus mempelajari dari awal baik pasar, sumber material, ataupun teknologinya dan sebagainya.
- Menjual bisnis (franchise). Arti dari menjual bisnis disini adalah menjual hak patennya. Ini dilakukan ketika usaha tersebut sudah memiliki hak paten atas produk atau jasa dan konsep pemasarannya
terimakasih pak materi nya sangat mudah sekali dicernah dan mudah untuk dipahami, semoga ilmu nya bermanfaat. aamiin
BalasHapusRachmat Andika N
18110016 - 5A
Septian Festama Yuda
Hapus18110017 / V-A
Terima Kasih atas Materinyaa Pak.
Bagaimana jika Operasional / Penerapan Bisnis kita tidak sesuai dengan Perencanaan yang telah disusun, Apakah yang harus dilakukan?
Dian Mailinda Putri
BalasHapus18110006 / V A
Di era pandemi ini banyak dari pengembang usaha mulai memikirkan bisnisnya agar tidak terjadi gulung tikar, bagaimana para wirausaha tersebut untuk tetap produktif di usahanya agar tidak kalah saing dengan perusahaan lainnya?
BalasHapusNama : Andini Dwi Anugrah
Kelas : 5A
NIM : 18110003
Terimakasih Pak atas materi yang diberikan🙏
Nama : Shella Arindi
BalasHapusNim : 18110018
Semester : 5A
Terimakasih Pak untuk materi hari ini
Nama : Rizqullah Faiz
BalasHapusKelas : 5B
NIM : 18110042
materi yang bermanfaat,terimakasih🙏👍
BalasHapusNama : Silvina Anggun Millinia
Kelas : 5A
NIM : 18110019
Terimakasih banyak bapak atas materinya, kami sangat terbantu sekali🙏🙏
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusFajar Zukhrufil Zaman
BalasHapus18110130/ VA
Terima kasih banyak pak atas materi yang disampaikan, materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami
Nama : yoelandy prayoga putra
BalasHapusKelas : 5-A
NIM : 18110024
Terima kasih banyak untuk materi yang telah disampaikan, melalui materi ini saya sedikit banyak telah mengertivtentang perencanaan dan pengembangan bisnis. 🙏
Nama : Farid Apriliansyah
BalasHapusKelas : 5A
NIM : 18110007
Terima kasih atas materinya pak🙏
Nama : Maria Rossalin Erny Koban
BalasHapusKelas : 5B
Nim : 18110037
Terimakasih untuk materinya pak 🙏
Nama : Muhammad Ivan Syahruri
BalasHapusSemester : 5-A
NIM : 18110013
Bagaimana cara perusahaan melakukan strategi meyakinkan konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasa perusahaan di era new normal/berbasis online seperti pada saat ini ?
Terimakasih
Nama : Syahrul Fazizal Bachtiar
BalasHapusKelas : 5A
NIM : 18110021
Terima Kasih atas materi yang sudah diberikan
Terimakasih Pak atas materi yg di sampaikan
BalasHapusNama : Yohanes Prayubelium Janjaan
Kelas :5_B
Nim : 18110047
Nama : Mochamad Hilal Nisfu Romadhon
BalasHapusKelas : 5B
Nim :18110036
Terimakasih pak atas materi yang bapak sampaikan 🙏🙏
Nama : Aldara Febri Windasari
BalasHapusKelas : 5B
NIM : 18110027
Terimakasih Pak atas materi yang diberikan, materi yang di dapat sangat bermanfaat.
Nama: Moh Tevin Aufarel Rizkymaulana
BalasHapusKelas: 5B
Nim: 18110039
Terimakasih pak materi yang bapak tulis jelas.
Nama : Galih Bayu Irawan
BalasHapusNim : 18110033 / 5b
Terimakasih pak materi nya 🙏🙏
Nama : Aliansa Soares E.Maya
BalasHapusNim : 18110028
Kelas : 5B
Terimakasih atas materinya pak
Materinya sangat jelas dan mudah di pahami
Nama: Dwi Fitri Novitasari
BalasHapusNIM :18110031
Kelas :5B
Terimakasih atas materi yang telah diberikan pak 🙏🏻
BalasHapusNAMA : ROBBY WAHYU IRDIANTO
NIM : 18110043
KELAS : 5B
terimakasih pak materinya sangat bagus sekali
Nama : Mirfak Nur Fatoni
BalasHapusKelas : 5B
Nim :18110038
Terimakasih pak atas materi yang bapak sampaikan
BalasHapusNama ; oval shobri cahyana
Kelas : 5A
Nim : 18110015
Terimah kasih bayak pak atas materinya hari ini
BalasHapusNama : Nadhira Aida R
Kelas : 5A
Nim : 18110014
Terimakasih pak atas materi yang disampaikan hari ini...
Nams : innocentius filio lagut
BalasHapusNim : 18110008 / 5A
Terimakasih atas materi nya pak
Nama : achmad agfi kurniawan
BalasHapusNIM : 18110001/5A
Terima kasih pak atas materinya
Nama : Kayohana Daniela Pangerapan
BalasHapusNIM : 18110034
Kelas : VB
Terimakasih untuk materinya pak, semoga bermanfaat 🙏🏻
Nama : Mochamad Hilal Nisfu Romadhon
BalasHapusNim : 18110036
Kelas : VB
Terimakasih pak atas materinya hari ini semoga bermanfaat bagi saya ilmunya pak 🙏