Langsung ke konten utama

Perencanaan Pemasaran #PERENCANAANPENGEMBANGANBISNIS pt.3

Ruang Lingkup Marketing Plan

Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran.Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.


Perencanaan yang harus disiapkan seperti yang dijelaskan oleh Bygrave yaitu analisa analisa situasi perusahaan dan lingkungannya, anallisa dan penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, dan kendala yang dihadapi oleh pasar.



Sebelum menyusun Rencana Pemasaran maka wirausaha harus mengetahui seluk-beluk atau konsep-konsep pemasaran dan informasi telahdikumpulkan, maka seorang wirausahawan baru menulis Rencana Pemasarannya.

Karakteristik Rencana Pemasaran

Karakteristik dari suatu rencana pemasaran yang baik harus memenuhi beberapa kriteria (Buchari Alma : 2007) yaitu :

  • Harus didasarkan pada fakta dan asumsi yang benar tentang siapa target market, dimana lokasi mereka, berapa besar kemungkinan daya serapnya.
  • Bagaimana teknik promosi yang efektif
  • Bagaimana perubahan harga di pasar
  • Bagaimana saluran distribusi
  • Bagaimana keadaan saingan
  • Bagaiman S W O T dari perusahaan
  • Siapkan sumber-sumber yang diperlukan seperti sumber daya manusia, keuangan, fasilitas perawatan dan sebagainya

Tujuan Rencana Pemasaran

Ialah identifikasi dan kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas:

  • Penyesuaian ukuran bisnis.
  • Perubahan lingkup produk dan/atau pasar.
  • Atau penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain.

Masalah-Masalah Yang Muncul Akibat Kurangnya Rencana Pemasaran

Adapun masalah-masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran yang diantaranya yaitu:

  1. Peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba.
  2. Angka-angka yang tak berarti dalam rencana jangka panjang.
  3. Tujuan yang tidak realistis.
  4. Kurangnya informasi pasar yang dapat dilakuakan.
  5. Perselisihan antar fungsional.
  6. Frustasi manajemen.
  7. Perkembangbiakan produk dan pasar.
  8. Pengeluaran promosi yang sia-sia.
  9. Penentuan harga yang terlalu membingungkan.
  10. Semakin melemah terhadap perkembangan bisnis.
  11. Hilangkan kendali terhadap bisnis minimum marketing plan

Langkah-Langkah Rencana Pemasaran

Adapun langkah-langkah pokok dalam rencana pemasaran meliputi:

  • Melakukan analisis situasi analisis yang dilakukan dalam tahap ini ialah analisis SWOT “Streghts, weaknesses, opportunities dan threats”. Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selian itu, termasuk pula didalamnya ialah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
  • Menetapkan tujuan/sasaran tujuan dirumuskan secara spesifik dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.
  • Menyusun strategi dan program berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang strategi “tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan” dan program “tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi”.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penulisan Proposal Karya Tulis Ilmiah #BINDONESIA pt.13

Sebagaimana  penulisan  karya ilmiah  pada umumnya, dalam penulisan karya ilmiah hukum terdapat etika yang memuat berbagai norma pembatas yang harus diperhatikan serta dipegang teguh oleh mahasiswa ketika menulis karya ilmiah. Norma ini berkaitan dengan pengutipan, perujukan, perijinan terhadap bahan yang dipergunakan, dan penyebutan sumber data atau informan. Penulisan  karya ilmiah  hukum harus dilakukan secara jujur dengan menyebutkan sumber rujukan atau hasil pikiran orang lain yang dikutip dan dimasukkan dalam  bagian karya ilmiahnya . Dalam menggunakan bahan dari suatu sumber, misalnya tabel, model dan skema, penulis harus menyebutkan sumbernya dengan menjelaskan apakah bahan tersebut diambil secara utuh, diambil sebagian, dimodifikasi, atau dikembangkan. Pengutipan bahan atau hasil pikiran orang lain yang tidak disertai dengan menyebut sumbernya yang diakui sebagai hasil pikirannya sendiri dapat dinyatakan sebagai perbuatan plagiat Oleh karena itu, k...

Penulisan Surat #BINDONESIA pt.14

A. Pengertian Surat Surat adalah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak (orang, instansi, atau organisasi). Dengan surat seseorang bisa menyampaikan informasi kepada pihak lain. Informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintah, permintaan, atau laporan. B. Fungsi Surat Dalam beberapa hal, kebutuhan manusia seringkali berhubungan dengan sesama pihak lain dilakukan melalui sarana secara tertulis. Fungsi surat: 1. Surat sebagai alat komunikasi Surat dijadikan sebagai alat penyampai informasi dari penulisnya kepada pembaca/penerimanya. 2. Surat sebagai wakil penulis Dalam hal ini penulis tidak perlu langsung bertatap muka dengan orang yang dituju untuk menyampaikan informasi melainkan diwakili oleh surat. 3. Surat sebagai alat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Berkomunikasi dengan surat berarti tidak bertatap muka, jadi berkomunikasi dengan surat dapat dilakukan dari jarak jauh. 4. Surat sebagai Otak Tata Usaha Pen...

Strategi Penetapan Harga Bisnis Internasional

  1.      STRATEGI MENETAPKAN HARGA GLOBAL Strategi menetapkan harga yang efektif untuk pasar internasional adalah strategi yang dipengaruhi oleh persaingan dan biaya dalam mengambil keputusan menyangkut harga. Harga kompetitif hanya dapat ditentukan dengan meninjau tingkat harga produk pesaing dan produk pengganti di pasar sasaran. Seperti yang akan kita diskusikan kali ini. Salah satu cara terbaik untuk memperoleh informasi ini adalah mengunjungi pasar itu sendiri. Setelah tingkat harga ini ditetapkan harga dasar dapat ditentukan. Empat langkah yang menentukan harga dasar adalah : menetapkan elastisitas harga dari permintaan. Permintaan yang tidak fleksibel memungkinkan harga yang lebih tinggi. buat perkiraan biaya tetap dan biaya variabel dari proses manufaktur dengasn volume penjualan yang diproyeksikan. Biaya adaptasi produk harus diperhtiungkan. tetapkan semua biaya yang berhubungan dengan program pemasaran. pilih harga yang memberikan marjin kontribusi pa...