Ruang Lingkup Marketing Plan
Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran.Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi, format bagi penyebarluasan informasi, dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan.
Perencanaan yang harus disiapkan seperti yang dijelaskan oleh Bygrave yaitu analisa analisa situasi perusahaan dan lingkungannya, anallisa dan penilaian peluang, kekuatan, kelemahan, dan kendala yang dihadapi oleh pasar.
Sebelum menyusun Rencana Pemasaran maka wirausaha harus mengetahui seluk-beluk atau konsep-konsep pemasaran dan informasi telahdikumpulkan, maka seorang wirausahawan baru menulis Rencana Pemasarannya.
Karakteristik Rencana Pemasaran
Karakteristik dari suatu rencana pemasaran yang baik harus memenuhi beberapa kriteria (Buchari Alma : 2007) yaitu :
- Harus didasarkan pada fakta dan asumsi yang benar tentang siapa target market, dimana lokasi mereka, berapa besar kemungkinan daya serapnya.
- Bagaimana teknik promosi yang efektif
- Bagaimana perubahan harga di pasar
- Bagaimana saluran distribusi
- Bagaimana keadaan saingan
- Bagaiman S W O T dari perusahaan
- Siapkan sumber-sumber yang diperlukan seperti sumber daya manusia, keuangan, fasilitas perawatan dan sebagainya
Tujuan Rencana Pemasaran
Ialah identifikasi dan kreasi dari keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas:
- Penyesuaian ukuran bisnis.
- Perubahan lingkup produk dan/atau pasar.
- Atau penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain.
Masalah-Masalah Yang Muncul Akibat Kurangnya Rencana Pemasaran
Adapun masalah-masalah yang muncul akibat kurangnya perencanaan pemasaran yang diantaranya yaitu:
- Peluang-peluang yang hilang untuk mendapatkan laba.
- Angka-angka yang tak berarti dalam rencana jangka panjang.
- Tujuan yang tidak realistis.
- Kurangnya informasi pasar yang dapat dilakuakan.
- Perselisihan antar fungsional.
- Frustasi manajemen.
- Perkembangbiakan produk dan pasar.
- Pengeluaran promosi yang sia-sia.
- Penentuan harga yang terlalu membingungkan.
- Semakin melemah terhadap perkembangan bisnis.
- Hilangkan kendali terhadap bisnis minimum marketing plan
Langkah-Langkah Rencana Pemasaran
Adapun langkah-langkah pokok dalam rencana pemasaran meliputi:
- Melakukan analisis situasi analisis yang dilakukan dalam tahap ini ialah analisis SWOT “Streghts, weaknesses, opportunities dan threats”. Analisis ini mencakup peluang dan masalah yang ditimbulkan oleh trend an situasi pembeli, pesaing, biaya dan regulasi. Selian itu, termasuk pula didalamnya ialah kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan.
- Menetapkan tujuan/sasaran tujuan dirumuskan secara spesifik dan mengidentifikasi tingkat kinerja yang diharapkan untuk dicapai organisasi pada waktu tertentu di masa datang, dengan mempertimbangkan realitas masalah dan peluang lingkungan serta kekuatan dan kelemahan perusahaan.
- Menyusun strategi dan program berdasarkan tujuan yang telah ditetapkan, pengambil keputusan kemudian merancang strategi “tindakan jangka panjang untuk mencapai tujuan” dan program “tindakan jangka pendek spesifik untuk mengimplementasikan strategi”.
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar