Langsung ke konten utama

Penulisan Artikel

 Artikel adalah karangan dari seorang penulis berisi tentang opini dan fakta secara mendalam dengan panjang tertentu dan dipublikasikan pada media cetak maupun media online.

Contoh mudahnya Anda bisa menemui artikel pada media koran, majalah, buletin, website, blog, portal berita, media sosial dan sebagainnya.

Sekarang ini Anda perlu berhati-hati karena banyak bertebaran artikel-artikel yang isinya hoax.

Anda jangan percaya sepenuhnya pada artikel yang bersumber dari share sosial media atau website yang kurang kredibel, karena kebanyakan berisi hoax untuk membuat adu domba dan sekedar mencari traffik saja.

Untuk itu Anda perlu mengetahui struktur artikel dengan melihat beberapa ciri-ciri artikel itu baik dan bisa dipertanggung jawabkan.

Ciri Artikel

Untuk mengetahui bahwa suatu tulisan termasuk dalam artikel atau tidak, Anda bisa melihat dari beberapa ciri-ciri berikut ini:

  • Isinya bersumber dari fakta yang sebenarnya
  • Isinya berupa karya tulis yang padat, singkat, jelas, bahasanya tuntas dan tidak berbelit-belit.
  • Artikel hasil tulisan manusia dan original bukan hasil copy paste
  • Bersifat faktual karena sumbernya jelas
  • Isinya bisa berupa pengetahuan, informasi, peristiwa, hasil riset dan hasil penemuan lainnya
  • Sesuai dengan kebutuhan pembaca

Struktur Artikel

Struktur artikel
Struktur artikel

Dalam artikel, ada urutan struktur yang benar mulai dari judul sampai penutup. Nah untuk jelasnya silahkan lihat pembahasan dibawah ini:

  1.   Judul artikel

Struktur penulisan artikel yang pertama adalah judul. Bagian judul menjadi salah satu hal yang krusial, tidak boleh asal dan harus menggambarkan isi keseluruhan dari artikel yang dibuat.

Untuk keperluan SEO, judul yang dibuat Anda harus mengandung kata kunci yang ditargetkan.

Biasanya orang akan tertarik membaca suatu artikel berawal dari judul yang menarik.

Untuk itu buatlah judul yang menarik dengan mengandung call to action dan hindari menggunakan judul yang clickbait sehingga membuat pembaca kecewa.

  1.   Pembukaan artikel

Struktur artikel kedua adalah bagian pembukaan. Pada bagian pembukaan ini memiliki fungsi sebagai pembahasan awal mendasar sebelum masuk ke struktur lainnya.

Biasanya bagian pembuka berada pada paragraf pertama suatu artikel. Pada bagian ini berisi uraian narasi, peristiwa, pernyataan, kutipan dan lainnya.

Ada dua teknik yang bisa Anda gunakan dalam menulis artikel yang baik yaitu secara deduktif dan induktif.

Artikel deduktif adalah artikel dengan pembukaan paragraf awal berisi pembahasan yang umum, sebaliknya untuk artikel induktif pada bagian awal paragraf berisi pembahasan secara khusus.

Jika artikel Anda memiliki jumlah kata yang banyak, maka lebih baik menggunakan teknik deduktif, tetapi jika pembahasannya tidak terlalu panjang maka bisa memilih artikel teknik induktif.

  1.   Leher artikel

Struktur artikel nomor 3 adalah bagian leher atau bisa disebut juga bridge atau jembatan.

Bagian ini memiliki fungsi yang penting untuk menyambungkan bagian awal pembukaan dengan isi dari artikel.

Jika Anda kurang baik dalam membuat bagian leher ini pembaca akan langsung pergi tidak melanjutkan membaca sehingga terjadi bounce rate. Letak bagian leher berada persis setelah pembukaan artikel.

  1.   Isi artikel

Struktur artikel keempat ini adalah yang paling penting. Bagian isi atau body artikel inilah yang berisi tentang pembahasan dari suatu artikel.

Pembahasannya juga lebih detail dan lengkap sesuai dengan kebutuhan pembaca dan tidak boleh keluar dari topik utama.

Jika Anda menggunakan website, Anda bisa mengetahui seberapa bagus artikel tersebut dari durasi membaca pengunjung website, semakin lama berarti artikel Anda berkualitas sehingga efeknya peringkat website bisa meningkat pada hasil pencarian Google.

  1.   Penutup

Nah struktur yang terakhir adalah bagian kesimpulan. Bagian ini isinya kesimpulan dari bahasan inti artikel dan rangkuman artikel secara lengkap. Bagian penutup ini biasanya terletak pada paragraf bagian paling bawah dari artikel.

Penerapan struktur artikel seperti diatas bisa Anda terapkan untuk keperluan artikel apa saja, termasuk artikel untuk keperluan blog.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penulisan Surat #BINDONESIA pt.14

A. Pengertian Surat Surat adalah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak (orang, instansi, atau organisasi). Dengan surat seseorang bisa menyampaikan informasi kepada pihak lain. Informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintah, permintaan, atau laporan. B. Fungsi Surat Dalam beberapa hal, kebutuhan manusia seringkali berhubungan dengan sesama pihak lain dilakukan melalui sarana secara tertulis. Fungsi surat: 1. Surat sebagai alat komunikasi Surat dijadikan sebagai alat penyampai informasi dari penulisnya kepada pembaca/penerimanya. 2. Surat sebagai wakil penulis Dalam hal ini penulis tidak perlu langsung bertatap muka dengan orang yang dituju untuk menyampaikan informasi melainkan diwakili oleh surat. 3. Surat sebagai alat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Berkomunikasi dengan surat berarti tidak bertatap muka, jadi berkomunikasi dengan surat dapat dilakukan dari jarak jauh. 4. Surat sebagai Otak Tata Usaha Pen

Fundamental Sistem Informasi Bisnis

  Sistem informasi sudah fitrahnya menjadi pendukung dalam organisasi. Sistem informasi sudah ada lebih dulu daripada teknologi informasi. Teknologi informasi sendiri adalah istilah modern yang menunjuk kepada komputer dengan kemampuan jaringan. Sistem informasi memiliki peran dalam bisnis organisasi. Sebenarnya cukup banyak peran sistem informasi dalam bisnis, mulai dari penyedia informasi sampai ke penjaminan prosedur dan kebijakan. Namun, peran fundamental sistem informasi dalam bisnis dapat dilihat dalam bagan segitiga berikut ini. Kalau organisasi kita bagi secara melintang menjadi 3 bagian, yaitu level operasi, level manajemen, dan level eksekutif (termasuk pemilik), maka peran fundamental sistem informasi adalah: Sebagai pendukung dalam level operasi Sistem informasi membantu dalam mendokumentasikan berbagai aktivitas dan operasi yang berlangsung dalam organisasi. Menyediakan data dan informasi agar suatu operasi berjalan. Untuk membantu pembuatan keputusan dalam level manajemen

Kepemimpinan #KEWIRAUSAHAAN pt.14

Pengertian Kepemimpinan Adalah Kepemimpinan adalah suatu kemampuan atau kekuatan pada diri seseorang guna mempengaruhi orang lain dalam pekerjaan, bertujuan untuk mencapai target (goal) organisasi yang sudah ditentukan. Sementara pengertian pemimpin ialah seseorang yang diberi kepercayaan sebagai ketua (kepala) dalam sistem di sebuah organisasi atau perusahaan. Dalam bermacam-macam aspek, pengertian kepemimpinan dalam organisasi  menjadi hal yang krusial. 2 orang konsultan pengembangan diri Bernama Jack Zenger serta Joseph Folkman membuat hasil sebuah penelitian yang mereka hubungkan dengan skill yang wajib ada dalam diri seorang pemimpin. Skill tersebut akan membuat para leader sukses terhadap segala bidang organisasi. Kepemimpinan dalam hal tersebut dapat bermacam-macam. Biasanya kita cenderung menginginkan seorang leader yang karismatik. Tujuan Kepemimpinan 1. Sarana untuk Mencapai Tujuan Kepemimpinan ialah sarana penting guna mencapai tujuan. Dengan melihat apakah tujuan tergapai a