Langsung ke konten utama

New Normal New Peluang - Mudayat Haqi, Lovy M. Haqi


 

NEW NORMAL MENJADI NEW PELUANG BISNIS MASA COVID 

A. PERADABAN BARU 

            Sebuah keniscayaan masa covid tetap fit dan optimistik. Kenormalan baru (new normal) harus dijadikan pemantik mengambil celah peluang untuk meretas bisnis (new peluang). Sebab, pilihannya hanya satu kata "BANGKIT." Sektor ekonomi harus bangkit dan sektor kesehatan harus terkendali dengan baik, serta semua sektor yang lain secara komprehensif. 
            Oleh karena itu, pandemik covid yang melanda sendi - sendi kehidupan ini hendaknua secara holistik harus disadari oleh lapisan masyarakt tanpa terkecuali, yakni kepatuhan protokoleh ya.. jalan dan bisnis atau dunia usaha ya.. jalan. Dengan kata lain, ekonomi masyarakat makin membaik dan kesehatan masyarakat juga makin membaik. Artinya, semuanya dituntut untuk menjalani peadaban baru seperti sekarang ini. 

B. KOMITMEN BERSAMA 

            Langkah awal yang harus dikotmimeni bersama berprotokoler masa covid ini adalah : 
  • Disiplin secara holistik.
  • Saling memberi contoh yang baik di seluruh lapisan masyarakat.
  • Pemangku kebijakan harus mengkoordinasikan kebijakan secara efektif di pusat sampai daerah. Kita buat gerakan bersama dalam wadah GIPro (Gerakan Indonesia Protokoler). 


C. PROSPEK BISNIS 

            Di webinar - webinar sudah banyak disampaikan perihal peluang dan tantangan usaha masa covid ini, disertai data - data secara sistematik dan statistik. Baik sektor yang paling terdampak, sektor terdampak secara biasa, dan sektor yang justru mengalami kenaikan bisnisnya. 

Beberapa catatan tantangan dan peluang usaha : 
  1. Bisnis jual beli secara online, misalnya aplikasi gofood.
  2. Peluang bisnis di bidang kesehatan, misalnya cairan disinfektan, hand sanitizer, masker, alat pelindung diri, sarung tangan kesehatan, dan obat - obatan (vitamin, dst..)
  3. Peluang bisnis bidang IT, misalnya perlengkapan untuk pembayaran online / daring dan termasuk perlengkapan untuk webinar.
  4. Bidang pendidikan yang menjadi kebutuhan pokok. 
  5. Peluang bisnis bidang elektronik, perlengkapan rumah tangga, produk makanan dan minuman yang dikemas yang bisa dikirim online. termasuk jasa desain.
  6. Bisnis sembako yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat utuk keseharian.
  7. Dan bisnis - bisnis yang lain tentu semua tetap berprospek. Tentu saja harus menyesuaikan atau adaptasi sesuai dengan keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat.

D. DIBUTUHAN "MIK" 

            Terkait dengan hal di atas maka dapat dipertegas dengan pertanyaan, saatnya mengapa kita harus berkepribadian entrepreneurship?
            Yang pertama, karena tuntutan dalam etos kerja dalam keadaan apapun baik sebagai pegawai negeri, pegawai BUMN, pegawai swasta, dan wirausaha. Semuanya dibutuhkan sikap MANDIRI, INOVATIF, KREATIF (MIK), yang merupakan esensi jiwa kewirausahaan. Semoga bermanfaat menjadi inspirasi bersama, ucapnya. 


ditulis : 
- Mudayat Haqi 
(Dosen STIAMAK Barunawati YBBS Surabaya)
- Lovy Morsetya Haqi 
(Mahasiswa STIAMAK, S-1 prodi Ilmu Administrasi Bisnis)

Komentar

  1. Nama : Bimantara Delahoya Prayogi
    NIM : 18110125
    Kelas : 4E

    BalasHapus
  2. Mohammad Faizal Pakaya
    18110143
    Semester 4E

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penulisan Proposal Karya Tulis Ilmiah #BINDONESIA pt.13

Sebagaimana  penulisan  karya ilmiah  pada umumnya, dalam penulisan karya ilmiah hukum terdapat etika yang memuat berbagai norma pembatas yang harus diperhatikan serta dipegang teguh oleh mahasiswa ketika menulis karya ilmiah. Norma ini berkaitan dengan pengutipan, perujukan, perijinan terhadap bahan yang dipergunakan, dan penyebutan sumber data atau informan. Penulisan  karya ilmiah  hukum harus dilakukan secara jujur dengan menyebutkan sumber rujukan atau hasil pikiran orang lain yang dikutip dan dimasukkan dalam  bagian karya ilmiahnya . Dalam menggunakan bahan dari suatu sumber, misalnya tabel, model dan skema, penulis harus menyebutkan sumbernya dengan menjelaskan apakah bahan tersebut diambil secara utuh, diambil sebagian, dimodifikasi, atau dikembangkan. Pengutipan bahan atau hasil pikiran orang lain yang tidak disertai dengan menyebut sumbernya yang diakui sebagai hasil pikirannya sendiri dapat dinyatakan sebagai perbuatan plagiat Oleh karena itu, k...

Penulisan Surat #BINDONESIA pt.14

A. Pengertian Surat Surat adalah satu sarana komunikasi tertulis untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu pihak (orang, instansi, atau organisasi). Dengan surat seseorang bisa menyampaikan informasi kepada pihak lain. Informasi tersebut dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, perintah, permintaan, atau laporan. B. Fungsi Surat Dalam beberapa hal, kebutuhan manusia seringkali berhubungan dengan sesama pihak lain dilakukan melalui sarana secara tertulis. Fungsi surat: 1. Surat sebagai alat komunikasi Surat dijadikan sebagai alat penyampai informasi dari penulisnya kepada pembaca/penerimanya. 2. Surat sebagai wakil penulis Dalam hal ini penulis tidak perlu langsung bertatap muka dengan orang yang dituju untuk menyampaikan informasi melainkan diwakili oleh surat. 3. Surat sebagai alat untuk menghemat waktu, tenaga, dan biaya. Berkomunikasi dengan surat berarti tidak bertatap muka, jadi berkomunikasi dengan surat dapat dilakukan dari jarak jauh. 4. Surat sebagai Otak Tata Usaha Pen...

Strategi Penetapan Harga Bisnis Internasional

  1.      STRATEGI MENETAPKAN HARGA GLOBAL Strategi menetapkan harga yang efektif untuk pasar internasional adalah strategi yang dipengaruhi oleh persaingan dan biaya dalam mengambil keputusan menyangkut harga. Harga kompetitif hanya dapat ditentukan dengan meninjau tingkat harga produk pesaing dan produk pengganti di pasar sasaran. Seperti yang akan kita diskusikan kali ini. Salah satu cara terbaik untuk memperoleh informasi ini adalah mengunjungi pasar itu sendiri. Setelah tingkat harga ini ditetapkan harga dasar dapat ditentukan. Empat langkah yang menentukan harga dasar adalah : menetapkan elastisitas harga dari permintaan. Permintaan yang tidak fleksibel memungkinkan harga yang lebih tinggi. buat perkiraan biaya tetap dan biaya variabel dari proses manufaktur dengasn volume penjualan yang diproyeksikan. Biaya adaptasi produk harus diperhtiungkan. tetapkan semua biaya yang berhubungan dengan program pemasaran. pilih harga yang memberikan marjin kontribusi pa...